Jumat, 31 Agustus 2012

Tanaman Obat

Kumis Kucing

Kumis Kucing terlihat banyak sekali di halaman-halaman warga desa yang menanam sebagai tanaman obat. Yang belum menanam coba minta tetangga dan tanam pula di halaman depan sebagai hiasan enak dipandang sebab benang sarinya yang menjulur menyerupai kumisnya kucing.
Tanaman ini banyak sekali gunanya sebagai obat keluarga, misalnya untuk pinggang yang terasa sakit tak perlu gelisah di halaman sudah ada tanaman yang dapat menolong. Petiklah beberapa lembar daun kumis kucing dan tambahan segenggam daun meniran, sepotong temu lawak, sepotong kunyit dan rebuslah sampai mendidih. Setelah dingin minumlah dua kali sehari selama seminggu.
Untuk menyembuhkan penyakit kencing batu rebusan daun kumis kucing dan jagung muda diminum dua kali sehari cobalah selama seminggu.

Untuk memperlancar air kencing minumlah rebusan daun kumis kucing beri sedikit temu lawak.
Di samping minum rebusan daun kumis kucing dan ramuannya bagi penderita penyakit tersebut harus melakukan olah raga ringan misalnya gerak badan atau gerak jalan. Badan yang kurang gerak tak baik.

Dianjurkan minum air masak lima atau enam gelas tiap hari bila mungkin boleh lebih dari itu dan hasilnya coba rasakan betapa manfaatnya minum air masak. Sangat terpuji kalau dapat menghindari minum kopi, teh dan segala minuman keras yang kurang berguna.

Menanam kumis kucing di halaman tak ada ruginya, sebagai hiasan enak dipandang dan sebagai tanaman obat dapat menolong setiap saat. Kalau kebetulan tetangga atau siapa saja yang memerlukan obat kita memberi dan langsung memetik di halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar