Senin, 27 Agustus 2012

Jahe

(Zingiber Officinale)
Khasiat tanaman obat-obatan.

Wilayah Indonesia begitu banyak tanaman obat-obatan. Ketika saya masih remaja, ibu-ibu PKK di desa-desa menggalakkan tanaman obat di pekarangan atau pot-pot bunga. Di antara tanaman obat itu adalah jahe. Tanaman jahe mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi (pegunungan). Hingga ketinggian kurang lebih 1.700 m di atas permukaan laut. Diantara khasiat jahe adalah:


1. minuman untuk menghangatkan badan
2. bumbu masak
3. ramuan obat
 

Ketika seseorang sakit pinggang dapat diobati dengan jahe. Caranya adalah ambil jahe secukupnya lalu ditumbuk bersama daun kecubung dan bawang merah. Tempelkan yang sakit dan diulangi beberapa hari niscaya insyallah sakitnya akan segera sembuh.

Sementara untuk persendian kaki dan tangan linu cukup dioleskan tumbuhan jahe dilakukan tiap pagi dan malam menjelang tidur. Apabila sakit masuk angin dan pilek dapat dibuatkan minuman jahe diberi gula batok atau gula aren diminum hangat-hangat. Bagi pekerja berat, capek-capek dan lelah di malam hari dapat minum rebusan jahe yang dicampur sedikit merica dan gula batok atau gula aren pada saat akan tidur. Lebih-lebih minumannya ditambah madu. Pasti yahud. Jos. Insyallah waktu bangun terasa segar kembali. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar