Selasa, 10 Juli 2012

MengOptimalkan Fungsi Rumah…


Rumah sebagai Tempat Tinggal yang Nyaman
Nyaman kata yang terdengar begitu menyejukan di hati. Tolok ukur untuk menilai rumah nyaman atau tidak memang tergantung dari sudut pandang yang bersangkutan. Bagi orang yang mampu. Rumah yang nyaman itu memiliki halaman luas, tanam-tanaman dan bunga-bunga indah ditambah kolam ikan.  Benar! Sementara pandangan yang lain, rumah yang nyaman bukan dari segi fisik semata. Tapi juga suasanan rumah.


 Pandangan ini juga tidak salah. Seperti apapun rumah kita bila kita ingin menjadi tempat tinggal yang nyaman - at home, berikut saran untuk dipertimbangkan:
  1. Selalu terlihat bersih dan rapi;
  2. Pilih selera warna rumah yang menyejukan, memberi semangat atau wauo;
  3. Beri kesan segar, rindang, indah, dan sejuk dengan tanaman atau bunga;
  4. Tambah sudut-sudut rumah dengan asesoris pendukung bila mungkin;
  5. Tempat yang sering untuk baca Alquran, dzikir, dan sholat sunnah;
  6. Rumah belajar bagi keluarga;
  7. Bercengkrama dan bermain.
Rumah sebagai Sumber Ibadah
Bila rumah bisa dikatakan sebagai sumber ibadah. Ketika penghuni rumah bukan mengfungsikan rumah hanya semata untuk istirahat atau transit saja. Jauh dari itu, untuk menambah nilai ibadah bagi anggota keluarga. Ibadah baik secara perseorangan maupun berjamaah. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dibiasakan:
  1. Sholat sunnah rawatib;
  2. Sholat dhuha dan tahajud;
  3. Sholat wajib berjamaah antara ibu dan anak-anak perempum;
  4. Mengaji bersama atau tadzarus;
  5. Berdoa untuk keluarga, saudara, dan tetangga;
  6. Menanamkan dan memantau akhlak dan moral keluarga.

Rumah sebagai Sumber Ilmu
Tanggungjawab pendidikan anak tetap pada keluarga(orang tua), meskipun sudah sekolah. Untuk menjadikan rumah kita optimal sebagai sumber ilmu, maka diperlukan rumah kita masing-masing memiliki sarana dan kegiatan sebagai berikut:
  1. Perpustakaan keluarga/rumah baca;
  2. Permainan yang mendidik dan menambah pengetahuan;
  3. Internet untuk akses ke sumber-sumber ilmu, pengetahuan dan keterampilan;
  4. Ruang diskusi atau presentasi;
  5. Ruang belajar;
  6. Membaca buku bersama.
Rumah sebagai Sumber Pendapatan.
Pandangan yang sederhana adalah rumah sebagai tempat tinggal. Tidak salah kalau hanya mengfungsikan rumah sebagai tempat tinggal. Bagi yang berpikir kreatif dan produktif fungsi rumah dapat dioptimalkan. Cara mengoptimalkan rumah di samping 3 fungsi lainnya adalah  menjadikan sumber pendapatan. Beberapa alternatif yang dapat dilakukan sbb:
  1. Toko online
  2. Bisnis internet:
1.       Desain Grafis
Meliputi desain logo, banner, website, brosur, packaging produk, website header, dan masih banyak lagi. Contoh desainnya, anda bisa lihat artikel saya tentang info desain murah.
2.       Pembuatan Website
Meliputi website statis, website dinamis dengan database, website dengan WordPress, Joomla, Drupal, atau dengan Content Management System lainnya.
3.       Coding atau Pemrograman Sofware atau Script
Meliputi segala macam bentuk software, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Banyak orang berpikir bahwa software yang dijual oleh perusahaan dari negeri Paman Sam dibuat orang Amerika juga. Padahal, banyak yang dialihdayakan (outsourcing) ke programmer lokal di Eropa Timur atau India.
4.       Penulisan Artikel
Semua website membutuhkan content atau isi agar memberikan value atau manfaat bagi visitor. Artikel adalah salah satu konten yang sering dicari. Namun banyak orang tidak bisa atau tidak sempat membuat artikel sendiri sehingga membutuhkan orang yang mampu menulis sesuai dengan permintaan. Lha, ini dulu merupakan salah satu pekerjaan saya sebelum mulai nge-blog sendiri, he..he..he… Biaya penulisan artikel dengan isi 400-600 kata biasanya berkisar antara US$ 6 sampai US$ 20. Seorang penulis artikel profesional bisa menulis 10-15 artikel per hari. Kok bisa bikin artikel bayarannya mahal? Bisa saja, karena website atau blogging bisa menghasilkan uang melimpah! Makanya banyak orang yang berburu artikel kalau nggak sempat nulis sendiri.
5.       Copywriting
Ini adalah jasa pembuatan sales letter atau penulisan yang bertujuan meyakinkan orang untuk membeli sesuatu. Menjadi copywriter yang handal membutuhkan skill, pembelajaran yang intensif dan jam terbang yang tinggi. Itulah sebabnya seorang copywriter yang bisa menulis tiga halaman sales letter yang bagus dan hanya mengenakan biaya US$ 1,000 dianggap murah. Copywriter top biasa dibayar US$ 20,000 sampai US$ 30,000 per sales letter yang dibuat. Ganas gak tuh gan...
6.       Pembuatan Transkrip
Pemberi pekerjaan memberikan rekaman audio atau video ke penyedia jasa transkrip yang kemudian akan menghasilkan teks kata demi kata dari rekaman tersebut.
7.       Penerjemahan
Permintaan terhadap jasa ini sangat tinggi karena saat ini banyak orang ingin membuat website, e-book, artikel, dan sajian informasi lainnya dalam berbagai bahasa. Nggak percaya? Saya contohnya. Inggris saya gagagugu… Jadi saya pakai jasa penerjemahan kalau pas butuh konten bahasa Inggris…
8.       Melakukan SEO (Search Engine Optimization)
Lha, kalau anda menguasai bidang ini, jasa SEO ini sangat dibutuhkan oleh pemilik website untuk meningkatkan peringkat website-nya di search engine. Capaian yang diinginkan biasanya adalah halaman 1 di search engine. Kalau anda memiliki keahlian ini, pasar anda adalah seluruh dunia karena hampir semua pemilik website menginginkan hal ini.
9.       Pengelolaan iklan PPC
Jasa ini mulai banyak dibutuhkan seiring dengan semakin efektifnya iklan PPC (Pay Per Click) dalam mendatangkan kustomer. Banyak pemilik website tidak mau repot belajar memasang iklan PPC secara efektif dan efisien. Jika memiliki ketrampilan ini, anda bisa mengelola klien perusahaan atau individu dalam penggunaan iklan PPC di Google Adwords, Yahoo Search Marketing atau MSN Ad Center.
Sebetulnya masih banyak lagi jasa yang dibutuhkan orang di internet. Tetapi perlu dilakukan riset lebih jauh di beberapa outsourcing marketplace, yakni perantara pihak penyedia jasa dengan pihak yang membutuhkan jasa. Dari riset tersebut, anda akan bisa melihat tren kebutuhan dari bisnis outsourcing.

  1. Internet marketing
  2. Konsultasi online
  3. Jasa surveyer
  4. Bisnis rumahan:

    Jasa cuci sepeda motor
    Usaha salon mobil dan montir panggilan ke rumah konsumen. Anda hanya menyiapkan peralatan dan mencari tenaga kerjanya, sementara pemasarannya dapat melalui iklan, sebar brosur, pamflet, dan lainnya. Usaha ini tidak memerlukan tempat khusus atau showroom.
    Biro jasa pengurusan SIM, STNK, dan izin usaha.
    Agen penyaluran baby sitter dan pembantu rumah tangga.
    Jasa servis panggilan TV, AC, pompa air, dan kulkas.
    Jasa video shooting dan transfer gambar ke VCD.
Lihat lebih lengkap 1001 bisnis rumahan di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar